Tips Dekorasi Ruang Tamu

Advertisement

Ruang tamu umumnya akan memberikan kesan pertama terhadap keseluruhan rumah. Ruang tamu yang tak tertata dengan baik akan dianggap menggambarkan keseluruhan rumah yang artinya memang nggak tertata dengan baik. Jadi, jangan pernah sepelekan cara menata ruang tamu dirumahmu.
Namun, masih banyak yang belum memahami cara menata ruang tamu yang baik dan benar. Apalagi, ada banyak sekali cara menata ruang tamu dilihat dari berbagai jenis dan fungsi kebutuhan ruang tamu itu sendiri. Jadi, cara menata ruang tamu mana yang paling pas?
Yuk, simak cara menata ruang tamu berikut agar ruang tamu yang kamu miliki nggak hanya enak dilihat tapi juga nyaman untuk tamu yang berkunjung!

Cara Menata Ruang Tamu dimulai dari Perabotan Wajib

Cara menata ruang tamu yang pertama adalah memperhatikan kebutuhan serta pemilihan furniture untuk ruang tamu. Ruang tamu di setiap rumah nggak selalu memiliki kebutuhan perabot yang sama. Hal ini disebabkan oleh gaya hidup dari pemilik rumah tersebut. Untuk yang suka bersosialisasi, mungkin intensitas tamu yang akan datang dan menggunakan ruang tamu akan lebih banyak dan sering.
Sedangkan untuk pemilik rumah yang lebih suka menghabiskan waktu diluar, cara menata ruang tamu akan terpengaruh karena ruang tamu akan sangat jarang digunakan. Tapi, terlepas dari apapun fungsi tersebut, ada beberapa perabotan wajib yang harus ada dalam setiap ruang tamu.
Tempat duduk: Kursi atau Sofa
Nggak perlu diperdebatkan lagi bahwa kehadiran sofa atau kursi adalah hal wajib saat berbicara mengenai cara menata ruang tamu, terutama mengenai pemilihan perabotan. Tempat duduk adalah perabot wajib yang harus ada. Tapi, tempat duduk seperti apa yang harus kamu pilih untuk ruang tamu milikmu?
Untuk kamu yang sering menerima tamu atau menghabiskan waktu di ruang tamu, cara menata ruang tamu yang lebih cocok adalah dengan menggunakan kursi sofa yang memiliki bantalan yang nyaman.
Namun, jika ruang tamu jarang digunakan atau hanya sebagai pelengkap, kursi rotan atau kursi minimalis sudah cukup untuk mengisi ruang tamu milikmu.
Coffee Table
Banyak yang menganggap kehadiran coffee table hanya mempersempit ruang tamu. Padahal perabot satu ini juga penting. Cara menata ruang tamu saat kamu memiliki ruang terbatas adalah menggantinya dengan side table yang berukuran lebih kecil. Kehadiran meja akan mempermudah tamu yang datang membawa barang, selain itu tentu kamu memerlukan meja untuk menyajikan minuman kepada tamu yang datang bukan?
Tempat Penyimpanan
Saat memilih perabot ruang tamu, pastikan juga kamu memiliki perabot yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Kamu bisa menghadirkancredenza ataupun lemari kecil.
Cara menata ruang tamu ketika lahan terbatas adalah dengan menghadirkan beberapa perabotan yang memiliki fungsi lain sebagai tempat penyimpanan, seperti kursi dengan kolong yang memiliki laci, kabinet kecil, ataupun meja yang memiliki laci.
Kehadiran storage ini akan mempermudah kamu merapikan ruang tamu agar selalu terlihat rapi.
Perabot tambahan
Setelah ketiga perabot tersebut kamu miliki, terkadang kamu perlu menambah perabot tambahan yang disesuaikan aktivitas serta kebutuhan yang kamu miliki. Jika kamu sering menonton TV di ruang tamu, tentu meja TV yang kokoh akan jadi perabot lain yang kamu butuhkan.

Cara Menata Ruang Tamu yang Pas Lewat Pemilihan Warna dan Pola Dinding

Cara menata ruang tamu juga tak terlepas dari finishing dinding yang akan kamu aplikasikan pada ruang tamu. Cara menata ruang tamu satu ini menjadi penting karena dinding akan menjadi elemen dominan yang akan mempengaruhi atmosfer dan suasana dari ruang tamu kamu.
Untuk ruang tamu yang sering digunakan bercengkrama dengan tamu dan keluarga, cara menata ruang tamu yang tepat adalah dengan minimalisir warna terang dan pola-pola terlalu berlebihan karena akan memberikan kesan keras dan menjadi terlalu melelahkan untuk mata. Gunakanlah warna-warna yang lembut agar ruangan tersebut tetap nyaman untuk dinikmati dalam waktu yang lama.
Sedangkan untuk ruang tamu sebagai ruang pelengkap, cara menata ruang tamu bisa lebih ekspresif dengan warna-warna terang dan pola-pola lebih berani.

Cara Menata Ruang Tamu dengan Material Lantai yang Pas dan Nyaman

Material lantai merupakan hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam cara menata ruang tamu yang nyaman. Cara menata ruang tamu yang baik adalah memberikan material lantai senyaman mungkin.
Cara menata ruang tamu agar lantai terasa nyaman adalah dengan penggunaan material yang hangat dan tidak terlalu keras. Pilihan umumnya adalah parket dan vynil. Namun, banyak juga yang ingin menghadirkan kemewahan pada ruang tamu dengan material seperti marmer ataupun material keras lainnya. Cara menata ruang tamu agar material lantai seperti ini tetap nyaman bisa kamu akali dengan penggunaan karpet.

Cara Menata Ruang Tamu Lewat Pengaturan Pencahayaan

Banyak yang bingung cara menata ruang tamu khususnya pada bagian pencahayaan. Fungsi pencahayaan pada ruang tamu tidak hanya untuk mempermudah aktivitas, tapi juga akan menghidupkan suasana dari ruang tamu. Jika kamu banyak melakukan aktivitas berat seperti berdiskusi hingga membaca buku, pencahayaan lampu terang berwarna putih akan jauh lebih baik. Pencahayaan temaran cocok sebagai cara menata ruang tamu yang lebih nyaman untuk bercengkerama atau bersenda gurau.

Cara Menata Ruang Tamu Menggunakan Dekorasi Pelengkap

Cara menata ruang tamu agar makin maksimal kenyamanannya adalah dengan menambah dekor pelengkap. Untuk ruang tamu yang mengutamakan kenyamanan, pilihlah dekorasi yang bisa menunjang kenyamanan seperti karpet lantai dan bantal sofa yang empuk.

Cara menata ruang tamu yang lebih berfungsi untuk memberikan impresi, kamu bisa menggunakan dekorasi artistik seperti patung, guci, hingga poster printing untuk membuat estetika visual ruang tamu lebih terasa.
Dengan memahami berbagai cara menata ruang tamu berdasarkan berbagai aspek tadi, tentu kamu jadi mengetahui cara menata ruang tamu mana yang paling sesuai dengan kebutuhan serta keinginanmu. Satu hal lagi yang jangan sampai ketinggalan saat membahas cara menata ruang tamu adalah selalu sesuaikan gaya dari ruang tamu dengan gaya keseluruhan dari hunian.
Jika hunianmu memiliki gaya minimalis, cara menata ruang tamu yang tepat adalah dengan pastikan seluruh gaya perabot dan pola serta warna dari ruang tamu juga minimalis. Jika hunian memang mengadaptasi gaya industrial, jangan ragu mengekspos material dan menggunalan perabot industrial saat menata ruang tamu.


Advertisement
Tips Dekorasi Ruang Tamu | Tride Darsono | 5

0 comments:

Posting Komentar