10 Tips Menata Rumah Sederhana Tapi Elegan

Advertisement

Menata interior rumah sederhana tapi elegan terkadang bukan hal yang mudah, terutama jika kamu hanya punya dana terbatas. Namun, rumah sederhana tapi elegan bukan hal mustahil dan bahkan bisa dicapai dengan totalitas yang sempurna.
Banyak desainer interior yang membeberkan rahasia menata rumah sederhana tapi elegan, dari menambahkan dekorasi tertentu hingga mengecat titik- titik strategis dalam rumah.  Kania akan berbagai trik rumah sederhana tapi elegan yang pasti bermanfaat buat kamu!

1. Rumah Bersih = Rumah Mewah


Mau trik terakhir yang bukan saja mudah, murah tapi juga penting untuk kesehatan seluruh anggota keluarga di rumah sederhana tapi elegan? Ya, kuncinya adalah dengan rajin memiliki sistem penataan dan pembersihan secara rutin untuk rumah sederhana tapi elegan.
Membersihkan debu dan mengelap perkakas rumah tangga adalah perawatan rutin yang harus dikerjakan setidaknya sekali dalam seminggu atau dua minggu. Pastikan kamu juga membersihkan jendela, bagian langit-langit, hingga sudut ruangan tanpa meninggalkan celah sedikitpun.

2 .Cat Rumah Memegang Peranan Penting

Menentukan warna cat rumah yang tepat mungkin adalah salah satu keputusan tersulit yang harus diambil oleh pemilik rumah. Tetapi untuk kalian yang ingin punya rumah sederhana tapi elegan, coba kombinasi antara “berani dan dramatis” atau “lembut dan serba kalem”.

Dengan  memilih salah satu dari dua pilihan diatas, kamu bisa menciptakan rumah sederhana tapi elegan yang berkarakter.
Tak lupa, pilih warna hitam untuk pintu rumah karena warna hitam bisa memberikan kesan mewah. Imbangi juga dengan beberapa dekor ruangan lainnya yang berwarna hitam.

3. Menggunakan Bantal Empuk

Bantal-bantal berbagai ukuran adalah salah satu cara mudah untuk menciptakan rumah sederhana tapi elegan. Kuncinya adalah dengan memilih dengan saksama motif, ukuran, dan bahan dari bantal-bantal itu sendiri.
Bantal-bantal yang berukuran terlalu besar bukannya akan membuat rumahmu terlihat elegan, malah sebaliknya, akan membuat rumahmu terlihat penuh. Kalau kamu memiliki rumah yang cenderung berukuran mungil, pilihlah bantal-bantal dekorasi bermotif simpel dan berukuran kecil.

4. Merawat Jendela Rumah Dengan Seksama

Mau rumah sederhana tapi elegan secara mudah? Jangan abaikan penampilan jendela rumah. Selalu pilih bahan jendela yang berkualitas dan bermutu tinggi, sehingga jendela rumah sederhana tapi elegan akan terlihat kokoh dan aman.
Dengan rajin membersihkan daun jendela, termasuk memberikan cat minyak baru adalah cara menghadirkan rumah sederhana tapi elegan tanpa menghabiskan kocek banyak.

5. Menambahkan Tirai Berbahan Lembut

Masih seputar penampilan jendela yang memang kerap menjadi fokus rumah sederhana tapi elegan. Tambahkan tirai berbahan lembut dalam ruanganmu.
Material seperti sutra, linen dan katun biasanya bisa menjadi alternatif bahan tirai jendela yang efektif untuk rumah sederhana tapi elegan. Jika kamu kurang menyukai bahan kain, boleh juga memilih tirai bambu atau kayu yang berkualitas baik.

6. Jangan Lupakan Penerangan Tepat

Memilih lampu yang tepat akan memberikan sentuhan elegan untuk rumah sederhana tapi elegan milikmu. Kania menyarankan agar kamu jangan ragu untuk bereksperimen dengan macam-macam lampu hias, baik itu lampu gantung ataupun lampu lantai. Mungkin terasa sepele, tapi penerangan yang tepat bisa menciptakan suasana rumah yang hangat dan nyaman lho.

7. Lantai Kayu VS Karpet

Tidak dapat dipungkiri kalau rumah dengan karpet selalu identik dengan penampilan mewah. Khusus untuk rumah sederhana tapi elegan, Kania lebih menyarankan kamu untuk memilih lantai kayu yang klasik, elegan dan lebih terjangkau dibandingkan dengan instatulasi karpet dari ujung ke ujung.
Memasang lantai kayu di rumah sederhana bisa menjadi sebuah investasi properti yang paling menguntungkan secara jangka panjang. Banyak pilihan mulai dari lantai kayu solid, laminate, hingga variasi lantai kayu lainnya yang bisa kamu sesuaikan dengan budget milikmu.

8. Aksesoris dan Dekorasi Menambah Kesan Elegan

Banyak sekali pemilik rumah yang tidak menyadari pentingnya peranan aksesoris untuk rumah mereka. Menata rumah sederhana tapi elegan bisa diwujudkan dengan aksesoris yang tepat.
Banyak sekali cara terjangkau yang bisa kamu coba, misalnya dengan memilih tema tertentu seperti warna emas atau perak yang berkilau. Elemen logam bisa menambahkan efek mewah seketika jika dibubuhkan dengan tepat.
Dimulai dengan cermin berbingkai emas atau perak, bingkai-bingkai foto keluarga berbagai ukuran senada, hingga memilih furnitur seperti meja berkaki emas atau perak adalah hanya segelintir kreativitas yang bisa kamu terapkan di rumah sederhana tapi elegan secara pas.

9. Furnitur Terjangkau Yang Berkualitas

Trik  yang bisa dicoba untuk furnitur rumah sederhana tapi elegan adalah dengan mencari perabot bekas yang masih dalam kondisi baik. Biasanya perabot ini dihargai lebih murah, tapi bisa kamu olah kembali. Yang penting, pastikan kamu memilih firnitur berkualitas bagus, baik itu furnitur baru ataupun bekas.

10. Mencoba Teknik Crown Molding Untuk Detil Indah

Rumah sederhana tapi elegan selalu ditandai dengan hadirnya detil- detil khusus yang akan memberikan sentuhan elegan. Salah satu cara untuk mencapai detail untuk rumah sederhana tapi elegan adalah dengan mengaplikasikan teknik crown molding atau sulur mewah.
Crown molding adalah salah satu teknik pengecoran bingkai yang biasa ditemukan di sudut antara langit-langit dan dinding. Teknik crown molding akan membuat transisi antara dinding ke langit-langit terlihat halus tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.


Advertisement
10 Tips Menata Rumah Sederhana Tapi Elegan | Tride Darsono | 5

0 comments:

Posting Komentar