Desain Masjid Agung Jawa Tengah

Advertisement
Hai sobat desainpropertiindonesia.blogspot.com ketemu lagi dengan admin, tak lupa admin ucapkan Minal Aidzin Wal Faidzin... Hari ini share desain masjid Agung Jawa Tengah, Masjid ini berada di Semarang yang mana berada di Provinsi Jawa Tengah.

Dikutip dari Wikipedia, Masjid ini mulai dibangun sejak tahun 2001 hingga selesai secara keseluruhan pada tahun 2006. Masjid ini berdiri di atas lahan 10 hektare. Masjid Agung diresmikan oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 November 2006.



Masjid Agung Jawa Tengah dirancang dalam gaya arsitektural campuran Jawa, Islam dan Romawi. Diarsiteki oleh Ir. H. Ahmad Fanani dari PT. Atelier Enam Jakarta yang memenangkan sayembara desain MAJT tahun 2001. Bangunan utama masjid beratap limas khas bangunan Jawa namun dibagian ujungnya dilengkapi dengan kubah besar berdiameter 20 meter ditambah lagi dengan 4 menara masing masing setinggi 62 meter ditiap penjuru atapnya sebagai bentuk bangunan masjid universal Islam lengkap dengan satu menara terpisah dari bangunan masjid setinggi 99 meter.

Gaya Romawi terlihat dari bangunan 25 pilar dipelataran masjid. Pilar pilar bergaya koloseum Athena di Romawi dihiasi kaligrafi kaligrafi yang indah, menyimbolkan 25 Nabi dan Rosul, di gerbang ditulis dua kalimat syahadat, pada bidang datar tertulis huruf Arab Melayu “Sucining Guno Gapuraning Gusti“.



Semoga bisa menambah pengetahuan kita tentang sejarah masjid-masjid di Indonesia dan semoga bermanfaat sobatku ...





Advertisement
Desain Masjid Agung Jawa Tengah | Tride Darsono | 5

0 comments:

Posting Komentar