Contoh Rumah Sederhana Di Perkampungan

Advertisement
Saat Anda berkunjung ke pedesaan pasti akan menjumpai desain rumah khas desa yang sederhana dan simpel. Model rumah di pedesaan sebagian besar memang masih mengusung konsep kesederhanaan.


Tahukah Anda penyebabnya?

Jenis desain rumah dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktornya ialah faktor lingkungan atau wilayah tinggal. Konsep desain rumah biasanya mengikuti di mana sang pemilik tinggal. Jika ia tinggal di kota maka desain rumahnya pasti desain rumah modern, sebaliknya jika ia tinggal di desa maka rumah sederhanalah yang menjadi pilihan. Kalau dia tinggal di daerah pegunungan maka rumahnya pun khas pegunungan, dan jika ia berada di daerah pesisir laut maka ia pun menyesuaikan dengan situasi di dekat laut.


Penyebab yang lainnya ialah status sosial seseorang. Semakin tinggi status sosialnya maka semakin modern desain yang mereka inginkan pada rumah. Orang di desa kebanyakan adalah orang tani atau pedagangn dan orang pegawai biasa maka rumah sederhana di desa sangat banyak jumlahnya.


Desain rumah sederhana di desa juga tergantung pada kondisi alam sekitarnya. Tak heran jika bahan yang dipakai untuk rumah di pedesaan masih berbahan yang tersedia di alam, seperti kayu, batu alam, alang-alang dan jerami. Semua bahan itu banyak tersedia melimpah di sekitar tempat tinggal mereka. Nah, akhirnya mereka bisa menghemat biaya pembangunan.




Advertisement
Contoh Rumah Sederhana Di Perkampungan | Tride Darsono | 5

0 comments:

Posting Komentar